Jumat, 21 Oktober 2011

Cardiac Heart Failure / Gagal Jantung

Pernah dengar Cardiac Heart Failure???? atau lebih singkatnya di kenal dengan istilah CHF.
duwhh..... atau anda samar - samar  anda  mengeryit, mungkin anda pernah dengar , tapi ga terlalu tau pasti itu apa. yuk .....kita bahas sedikit tentang cardiac heart failure.
kalo kita lagi ngomongin CHF, pastinya anda bakalan keingat ama organ kecil yang selalu  berdetak tiap detik ditubuh  anda, atau mungkin juga anda tidak menyadarinya. Jantung merupakan organ yang terpenting dalam sistem sirkulasi.Pekerjaan jantung adalah memompa darah keseluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh pada setiap saat, baik saat beristirehat maupun saat bekerja atau menghadapi beban
                Gagal jantung adalah keadaan dimana jantung tidak lagi mampu memompa darah ke seluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh

                Gagal jantung kongestif adalah masalah kesehatan di seluruh dunia.Harapan hidup pasien setelah 5 tahun sekitar 50%. Penyakit ini juga tidak berhubungan dengan jenis kelamin, tetapi pada wanita biasanya terjadi pada usia tua. Biasanya pada usia di atas 65 tahun lebih besar kemungkinan terkena.
gejala- gejala awal gagal jantung ditandai dengan Kriteria Framingham yang umum  dipakai untuk diagnosis gagal jantung kongestif.
Kriteria Major :
                Parosismal nocturnal dispnea (  sering terjaga di malam hari karena sesak nafas )
                Distensi vena leher
                Rhonki paru
                Kardiomegali
                Edema paru akut
                Gallop S3
                Peninggian tekanan vena jugularis
                Refluks hepatojugular
Kriteria Minor :
                Edema ekstremitas
                Batuk malam hari
                Dispneu d’effort
                Hepatomegali
                Efusi pleura
                Penurunan kapasitas vital 1/3 dari normal
                Takikardia (> 120/menit)
Major atau Minor :
                Penurunan BB > 4.5kg dalam 5 hari pengobatan

Diagnosis gagal jantung ditegakkan minimal ada 1 kriteria major dan 2 kriteria minor
.
mungkin anda yang tidak berlatar belakang medis sedikit bingung dengan kriteria Framingham ini, tapi bisa saya singkat, kalo anda mengalami gejala sering sesak nafas di malam hari, atau kelelahan dengan pekerjaan yang ringan. atau ada tanda - tanda seperti kaki yan bengkak ( udem ), nadi ang meningkat. ada baiknya anda segara konsultasikan dengan dokter terdekat. Semakin cepat diketahui, semakin cepat penanganan, semakin baik prognosis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar